PORTAL PPID

Balai Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Pertanian

PPID Utama

BSIP Lingkungan Pertanian lakukan Visitasi Lumbung Padi Kecamatan Trangkil, Kab. Pati




 Pati, 5 September 2024-Kepala BSIP Lingkungan Pertanian Agus Hasbianto, Ph.D. dan tim melakukan visitasi ke BPP Trangkil untuk menggali lebih dalam informasi terkait dengan budidaya padi, pengelolaan OPT hingga metode penderasan informasi pertanian di Kecamatan Trangkil. Kecamatan Trangkil merupakan daerah penghasil padi dengan produktivitas tertinggi di Kabupaten Pati. Hasil ubinan padi varietas Inpari 32 di Desa Karangwage menggunakan metode KSA oleh BPS pada akhir bulan Juli 2024 mencapai 6,9 kg atau setara 11,04 ton GKP/ha. Menurut penyuluh (PPL) setempat, jumlah anakan padi mencapai 35-40 per rumput dengan anakan produktif sebanyak 22-25.

Berdasarkan kondisi fisik di lapangan, areal persawahan di Kecamatan Trangkil dilengkapi sarana prasarana yang cukup memadai seperti tersedianya bangunan irigasi dan akses jalan ke areal lahan sawah. Penyediaan air oleh petani umumnya menggunakan sumur dangkal yang airnya tersedia sepanjang tahun.

Selain itu, pemilihan varietas dilakukan oleh petani dengan mempertimbangkan permintaan/kesesuaian pasar dan varietas yang memiliki produktivitas tinggi berdasarkan informasi di media sosial. Peran aktif petani dalam mencari informasi pertanian baik melalui interaksi aktif dengan PPL, sesama petani maupun media sosial menjadi salah satu kunci suksesnya Kecamatan Trangkil dalam pengelolaan tanam padi.

Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Raya Jakenan-Jaken Km.05 Jakenan, Pati, Jawa Tengah 59182

Hubungi:

HP & WA: 082136065354
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset