PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Pertanian

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Pertanian

Adopsi Identik SNI Metode Pengukuran Pestisida Organoklorin dalam Tanah




 Rabu (31/7) BPSI Lingkungan Pertanian selaku tim konseptor mengikuti rapat teknis pembahasan RSNI Adopsi Identik ISO 23646 Kualitas Tanah: Penentuan pestisida organoklorin Melalui Kromatografi Gas dengan Deteksi Selektif Massa (GC-MS) dan Kromatografi Gas dengan Deteksi Penangkap Elektron (GC-ECD). RSNI ini merupakan bagian dari Komite Teknis 65-23 Sumberdaya Lahan Pertanian Tahun 2024 dengan ruang lingkup kualitas Tanah.

 
Rapat teknis tersebut dipimpin oleh Ketua Komite Teknis 65-23, Dr.Ir. Muhrizal Sarwani, M.Sc., dimana tim BPSI Lingkungan Pertanian menerima banyak masukan berharga dari anggota Komite Teknis 65-23. Masukan tersebut sangat membantu dalam menyempurnakan RSNI agar lebih mudah dipahami dan diimplementasikan.
 
RSNI Kualitas Tanah ini memiliki manfaat yang penting, yaitu menyediakan metode yang lebih akurat dan efisien untuk mendeteksi keberadaan pestisida organoklorin dalam tanah. Dengan teknologi GC-MS dan GC-ECD, metode ini dapat digunakan untuk mendeteksi kontaminan dengan sensitivitas tinggi, sehingga dapat memastikan kualitas tanah yang lebih baik dan aman.