PORTAL PPID

Balai Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Pertanian

PPID Utama

Membangkitkan kembali Suasana Ilmiah Melalui Seminar Tengah Tahun




 BSIP Lingkungan Pertanian menggelar seminar tengah tahun untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan TA. 2024 di Gedung Agrostandar BSIP Lingkungan Pertanian pada Senin (29/7/2024). Seminar ini diikuti oleh seluruh anggota Jabatan Fungsional Ahli dan Terampil.

 
Kepala BSIP Lingkungan Pertanian Agus Hasbianto SP.,M.Si.,P.hD dalam arahannnya menyampaikan bahwa kegiatan seminar tengah tahun tidak boleh dihilangkan, agar tetap bisa menghangatkan suasana ilmiah dan melalui seminar ini kita dapat mengevaluasi kegiatan kegiatan yang telah kita lakukan. Seluruh staf yang hadir diharapkan dapan berperan aktif memberikan masukan masukan untuk perbaikan kedepannya.
Selanjutnya dipaparkan progres kegiatan oleh Penanggung Jawab kegiatan yang dibagi menjadi 5 sesi. Pada sesi pertama dipaparkan kegiatan Kerjasama dan Hibah oleh Bapak Ali Pramono, SP., M.Biotech selaku penanggung jawab 3 kegiatan hibah dan kerjasama yaitu hibah JIRCAS, hibah NARO dan kegiatan kerjasama dengan RIZE Pte. Ltd. Selanjutnya kegiatan yang keempat disampaikan Ibu Titi Sopiawati, SP. Selaku anggota tim dari kegiatan kerjasama dengan IPB terkait engujian pupuk berbasis silika dari limbah produksi baja untuk melihat pengaruhnya terhadap produktivitas dan emisi gas metana. 
Pada sesi kedua dipaparkan progres kegiatan Tata Usaha Oleh KaSubbag TU BPSI Lingkungan Pertanian M. Latif Habibi, SE. Kegiatan Tata Usaha yang dipaparkan meliputi Pengelolaan BMN, Kerumahtanggaan dan Umum, Pengelolaan Kepegawaian dan Kelembagaan, Layanan Perkantoran, Layanan Manajemen Keuangan, dan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM
Pada sesi ketiga dipaparkan progres kegiatan Program, Anggaran dan Monev oleh Ketua Tim Kerja Program dan Penyebarluasan Anik Hidayah, S.Si., M.Biotech. Kemudian pada sesi keempat dipaparkan progres Program Strategis Kementan oleh Hesti Yulianingrum, SP., M.Sc., yang meliputi kegiatan Perluasan Areal Tanam Melalui Pompanisasi dan Irigasi Perpompaan di Pati-Kudus-Rembang serta Monitoring Program Strategis Kementan.
Pada sesi kelima dipaparkan mengenai progres penyusunan RSNI. RSNI “Pengelolaan Hama Terpadu Ulat Grayak (Spodoptera frugiperda J.E. Smith) pada Tanaman Jagung” dipaparkan oleh Aprian Aji Santoso, MP., Revisi RSNI 7313:2008 tentang Batas Maksimum Residu Pestisida Pada Hasil Pertanian dipaparkan oleh Ria Fauriah, SP., M.Si., SNI “Kualitas tanah – Penentuan pestisida organoklorin melalui kromatografi gas dengan deteksi selektif massa (KG-SM) dan kromatografi gas dengan deteksi penangkapan elektron (KG-DPE)” dipaparkan oleh Afrida Fatkhiatul M,. M.Si, dan yang terakhir adalah PNPS “Metode Pengukuran Emisi Gas Metana (CH4) dan Dinitrogen Oksida (N2O) di Lahan Padi Sawah– Bagian 2” dipaparkan oleh Titi Sopiawati, SP.
Pada sesi terakhir dipaparkan kegiatan Layanan Pengujian dan Penilaian Kesesuaian yang meliputi beberapa kegiatan yaitu kegiatan ISO Laboratorium, ISO Balai, dan Layanan Laboratorium dipaparkan oleh Ketua Tim Layanan Pengujian dan Penilaian Kesesuaian Siska Apriyani, M. Ling., kegiatan Pengelolaan dan Pemeliharaan IP2SIP dipaparkan oleh manajer IP2SIP Dolty Mellyga WP., S.Si., M.Sc., kegiatan PPID dipaparkan oleh Ika Ferry Yunianti, SP., M.Sc., layanan kunjungan dipaparkan oleh Eni Yulianingsih, SP., MP., kegiatan magang dipaparkan oleh Baiq Nunung S., S.Si., M.Si, dan yang terakhir adalah pengelolaan Informasi Medsos/Website dipaparkan oleh Sarah SP. Seminar ditutup dengan pembacaan perumusan terkait seluruh kegiatan yang dipaparkan.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jl. Raya Jakenan-Jaken Km.05 Jakenan, Pati, Jawa Tengah 59182

Hubungi:

HP & WA: 082136065354
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset