ISO 9001: 2015 Meningkatkan Kepuasan dan Kinerja dengan Fokus pada Pelanggan Internal
Senin (22/7), BSIP Lingkungan Pertanian mengadakan apel rutin dengan pembina Ibu Suharsih, S.Si. Dalam arahannya, beliau menekankan pentingnya tidak hanya berfokus pada pelanggan eksternal, tetapi juga pelanggan internal, yaitu individu atau departemen dalam organisasi. Kepuasan mereka sama pentingnya dengan kepuasan pelanggan eksternal.
Ibu Suharsih menjelaskan bahwa dengan berfokus pada pelanggan internal dan menerapkan prinsip-prinsip ISO 9001:2015, organisasi dapat mencapai beberapa manfaat, seperti:
1. Peningkatan Mutu Secara Menyeluruh: Produk dan layanan yang lebih konsisten dan berkualitas tinggi.
2. Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas: Alur kerja yang lebih lancar, pengurangan miskomunikasi, dan peningkatan moral karyawan.
3. Peningkatan Kepuasan Pelanggan Eksternal: Produk dan layanan yang lebih baik, reputasi organisasi yang lebih baik, dan keunggulan kompetitif yang lebih kuat.