PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Pertanian

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Pertanian

Peningkatan Teknis Kapasitas Petani Mendukung Sistem Produksi Pangan dan Pertanian




Sebagai Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang memiliki core bussines pertanian ramah lingkungan, BSIP Lingkungan Pertanian turut aktif dalam program Integrated Corporation of Agricultural Resources Empowerment (ICARE). Contoh konkretnya dengan menjadi narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Budidaya Jagung Ramah Lingkungan yang dilaksanakan oleh BSIP Jawa Timur, di Hotel Ascent Premiere, Pasuruan. Kegiatan bimtek tersebut dilaksanakan selama dua hari, 6-7 Mei 2024  dengan mengundang 492 petani anggota Koperasi Jagung Jaya Abadi Pasuruan, Jawa Timur. Dolty Mellyga Wangga Paputri, S.Si, M.Sc selaku Manajer Instalasi Pengujian dan Penerapan Standar Instrumen Pertanian (IP2SIP) dan Edi Supraptomo, S.ST selaku Deputi Alsintan IP2SIP menyampaikan materi tentang Budidaya Jagung Ramah Lingkungan pada kegiatan Bimtek yang mengangkat tema "Pengenalan Teknologi Ramah Lingkungan Siap Terap Pada Komoditas Jagung".  Adapun materi tentang pengukuran Emisi gas rumah kaca (GRK) Pada tanaman Jagung disampaikan oleh Ali Pramono, SP, M.Biotech.

 
Kegiatan bimtek tersebut dibuka oleh Kepala BSIP Jawa Timur yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua Tim PIU ICARE, Dr. Gunawan, M.Si., turut hadir pula tim ICARE BSIP Jawa Timur, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPP Kabupaten Pasuruan (Ummu Latifah, SP), KJF DKPP Pasuruan, serta Koordinator dan PPL Kecamatan Sukorejo dan Wonorejo.
 
Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilaksanakan survey lokasi lahan yang akan digunakan sebagai lokasi demonstrasi plot (demplot). Survey ini dilakukan oleh Tim ICARE BSIP Jawa Timur berkolaborasi dengan BSIP Lingkungan Pertanian dengan didampingi oleh PPL, pengurus koperasi dan petani. Demplot ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara langsung kepada petani kegiatan ICARE terkait dengan teknologi budidaya ramah lingkungan yang dapat diaplikasikan di lahan petani.